Bingka Roti Kukus Keju & French Toast

Akhirnya bisa juga login ke WP. Dari kemarin tiap kali mau login si google langsung “ooopsss..” melulu, udah gitu sekalinya berhasil login, ga bisa upload foto *lap keringet*. Jadinya ada beberapa resep yang numpuk belum diposting. Dan berikut ini dua resep edisi menghabiskan roti tawar *lagi* soalnya roti tawar itu salah satu solusi sarapan paling praktis kalo lagi kesiangan hihihi.. Dan kalo lagi ga kesiangan ya bisa diolah jadi macem – macem seperti yang satu ini πŸ™‚

Bingka Roti Kukus Keju

IMG02679-20131119-0645

resep bisa diliat di sini :Β http://rina-dapurmanis.blogspot.com/2013/11/bingka-roti-kukus-keju.html#more

Note : saya cuma bikin 1/2 resep & skip kismis + vanili, ga ada stock soalnya :p Rasanya? Enak, lembut. Lain kali kalo bikin lagi mau dibanyakin kejunya biar lebih gurih πŸ˜€

IMG02683-20131119-0649 IMG02682-20131119-0649

keliatan kan lembut teksturnya? πŸ™‚

——————————————————————————————————————————-

Nah kalo yang ini untuk yang lagi ga punya banyak waktu. Roti panggang ala Prancis *halah* hehehe.. Cekidot πŸ™‚

French Toast

sumber : http://www.justtryandtaste.com, modif by me

IMG02702-20131120-0614

Bahan :

6 lbr roti tawar berkulit

1 butir telur ukuran besar

100 ml susu cair

1 sdm peres gula pasir

margarin untuk memanggang / menggoreng

Madu & keju parut untuk taburan (bisa pake selai, meises, dll)

Cara membuat :

Kocok lepas telur. Masukkan susu cair dan gula pasir, aduk rata dengan whisk.

Panaskan margarin di wajan anti lengket.

Celupkan roti tawar satu persatu ke dalam larutan susu sampai kedua sisi basah.

Note : jangan mencelupkan semua roti tawar sekaligus. Setelah dicelupkan, harus langsung dipanggang, kalo engga si roti bakal letoy dan sobek.

Panggang roti sampai kecoklatan. Lakukan hal yang sama dengan sisi satunya.

Sajikan hangat dengan taburan keju parut & kucuran madu. Yummyyyy..

Happy cooking πŸ˜‰

BANANA CHEESE WITH HONEY SAUCE

Umumnya kalo hari Minggu itu adalah waktunya bersantai, bermalas – malasan, bangun lebih siang dari biasanya, tidak demikian dengan saya. Hari Minggu justru saya harus bangun lebih pagi dari hari kerja. Kenapa? Karena kami sekeluarga ibadah pagi jam 7, jadi paling telat jam setengah 7 kami sudah harus siap berangkat ke gereja kalo ga mau telat dan ga dapet bangku yang strategis. Karena itu saya bangun lebih pagi buat nyiapin sarapan sekaligus bekal Ethan, bajunya, susunya, dll, walaupun kenyataannya teteeeep aja telat, soalnya si Papa termasuk yang susaaaaaah banget dibangunin *lap keringet*, dari cara halus sampe kekerasan, ga mempan kalo belum ada niat dari lubuk hatinya yang terdalam *prett* untuk bangun. Puji Tuhan sekarang ada Ethan yang bantuin saya bangunin Papanya, dan biasanya mempan. Gimana caranya? Didudukin, diinjek – injek, dijambak, dan teman – temannya *senyum kalem*

Minggu kemaren niat saya bangun subuh seperti biasa. Alarm saya pasang jam 4 pagi, eh ternyata kebablasan !! Saya baru bangun jam 5 !! Langsung mikir sarapan yang simple bin cepat sambil nengokin kulkas dan meja makan nyari inspirasi. Dan inspirasi saya pun jatuh ke 2 biji pisang ambon yang sudah menghitam *gimana ga jatuh ke pisang, lah wong adanya cuma itu hahaha*

Trus ni pisang mau diapain? Dibikin cake atau muffin kayanya ga keburu juga. Untunglah saya inget resep super cepat hasil saya blogwalking πŸ˜€ Banana Cheese Caramel-nya Jeng Julia Wingantini. Di balik namanya yang berbau kebule – bulean, benernya ini pisang goreng cuma caranya aja agak beda dari biasa. Dan karena waktu yang udah mefeeeeett. maka saya ga bikin sausnya, makanya judulnya pun saya ubah dikit hehehe.. Yang pasti, bikinnya cepat *bisa sambil cuci piring :p*, rasanya pun sedap plus mengenyangkan. Bakalan sering bikin terutama kalo lagi kesianganΒ buru – buru :p *thanks to Mba Julia*

Oh ya resep di bawah cuma 1/3 resep asli ya πŸ™‚

Banana Cheese With Honey Sauce

resep asli :Β http://www.chefbyaccident.com/2011/01/banana-chesse-caramel.html

Gambar

Bahan :

1 buah pisang ambon, potong dadu

50 gr tepung terigu

1 sdm tepung beras

3/4 sdm gula pasir

1/4 sdt garam

air secukupnya

keju parut sesuai selera (untuk isian)

1 sdm margarin untuk menggoreng

keju parut & madu untuk topping

Cara membuat :

Campur jadi satu tepung terigu, tepung beras, gula pasir, dan garam. Tambahkan air sedikit – sedikit sambil diaduk rata sampai adonan cukup kental.

Masukkan pisang yang sudah dipotong – potong. Aduk rata.

Panaskan margarin di wajan anti lengket. Tuang adonan, ratakan dengan spatula. Taburi dengan keju parut.

Setelah bagian bawahnya matang, lipat adonan jadi dua. Masak sampai kedua bagian matang.

Angkat, potong – potong sesuai selera. Kucuri madu dan keju parut.

Sajikan hangat.Β 

Β 

Pisang goreng yang tidak biasa bukan? πŸ˜€

Happy cooking πŸ˜‰

BAKE APPLE PUDDING

Hari Sabtu kemarin tau – tau Ethan pilek. Cuacanya memang kurang bagus, tiap hari hujan. Udah gitu tiap pagi & sore, Ethan pasti minta diajak jalan – jalan naik motor. Kalo ga diajak nangis – nangis. Jadilah kena hawa dingin luar, dan akhirnya… pilek. Untungnya hidungnya ga tersumbat, ingusnya cair, jadi meler sendiri. Tidurnya pun jadinya tetep pules, tidak terganggu.Β 

Untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya, saya beri dia buah yang mengandung vitamin C tinggi. Makanannya pun ditambah banyak bawang putih, jahe, dan dibuat berkuah. Dan dari hasil saya browsing, ternyata ada 5 buah – buahan yang baik untuk mengatasi flu, yaitu : apel, pisang, jeruk bali, pepaya, dan raspberry. Siangnya saya ke Giant deh dan beli apel red delicious yang rasanya semanis warnanya πŸ™‚Β 

Karena Ethan masih kurang jago ngunyah apel mentah, maka apelnya saya olah dulu. Yang pertama saya buat setup. Sederhana banget caranya. Air matang direbus dengan sedikit jahe keprek, bubuk kayu manis, dan sejimpit garam (ditambah gula juga boleh kalo mau). Setelah mendidih, matikan api, masukkan apel yang sudah dikupas & dipotong – potong (saya : iris tipis). Rebus lagi sebentar sampai empuk. Sajikan hangat. Ethan suka banget. Rasanya memang enak, manis – manis asem, trus wangi jahe. Pokoknya cocok buat yang lagi flu.

Lalu yang kedua saya buat jadi makanan ringan : bake apple pudding. Ini resep dessert Priscil & Fero finalis Master Chef Indonesia 1 waktu mereka 1 kelompok dalam sebuah tantangan. Resepnya saya dapet googling tapi sayangnya lupa catet blog nya. Jadi mohon maaf ya bagi yang udah share resep ini. Saya ijin contek & modifikasi *salim* πŸ™‚

Gambar

Resep ini pernah saya buat waktu Ethan belum 1 tahun, saya skip gula & garamnya. Tadi juga saya skip, jadi resep ini bisa untuk bayi 8m dengan catatan sudah lulus 4DR bahan – bahannya terutama kuning telur, dan susu cair diganti ASIP atau sufor. Rasanya mirip vla dan ada krenyes – krenyes dari apelnya. Tanpa gula pun udah manis alami. Teksturnya lembut, enak deh. Sekali makan, Ethan abis 1,5 alu foil cup (doyan apa laper Nak? :D) Cekidot ya resepnya,

BAKE APPLE PUDDING

by : Priscil & Fero MCI 1, modif by me

Gambar

Bahan :

150gr apel, kupas, potong dadu, sisihkan.

50ml apel parut (resep asli : jus apel)

1 butir kuning telur

25gr tepung terigu

100ml susu cair (untuk adonan tepung)

125ml susu cair

Cara membuat :

Aduk rata kuning telur, tepung terigu, dan 100ml susu cair.

Tambahkan potongan apel, aduk rata.

Tambahkan apel parut & 125ml susu cair. Aduk rata.

Panggang selama 15 menit. Beri hiasan apel yang sudah diiris tipis. Panggang kembali 15 menit atau sampai matang.

Sajikan hangat / dingin.

Happy cooking all πŸ˜‰

LASAGNA (Sungguhan)

Lasagna lagi, lasagna lagi.. Semoga yang liat ga pada bosan hehehe.. Jadi seperti yang saya tulis di Lasagna Roti Kukus sebelumnya, si Papa request dibuatin lasagna yang sungguhan. Maksutnya yang kemaren boongan gitu ga bisa dimakan? Hehe.. Bukan.. Jadi maksud sungguhan di sini pake lembaran – lembaran lasagna, bukan pake roti tawar atau nasi atau mie seperti yang udah pernah saya buat. Cuma karena para tokoh utama seperti oregano, susu cair, dan tomat lagi abis, jadinya baru hari minggu requestnya dikabulkan πŸ™‚

Kali ini saya pake resep Lasagna ala JTT yang baru dipost Mba Endang beberapa hari lalu. Cuma daging sapi gilingnya seadanya di kulkas, dan pake jamur kancing agak banyak. Rasanya? Hmmmmm.. yummy.. walaupun ada sedikit kerepotan pas nata si lasagna. Gara – garanya kan saya minta tolong Mama untuk ngerebus si lasagna, saya lupa kasih tau kalo jangan ditumpukin. Alhasil pada lengket semua Sodara T___T Β Udah gitu saya lupa tips dari Mba Endang kalo lengket disiram air dingin. Akhirnya tu lasagna pada lengket, robek, ga karuan dah. Untung aja ketutup saus daging, saus keju jadi ga keliatan hihihi..

Gambar

Β 

keliatan kan ada pinggiran yang ga rapi? :p

Resepnya bisa intip di sini yah :Β http://www.justtryandtaste.com/2013/11/lasagna-meleleh-la-sintya-super-mudah.html#more

Dan dalam 10 menit beginilah penampakan loyangnya :

Gambar

Di balik penampilannya yang amburadul, rasanya beneran super duper enak. Suwer disamber lasagna ! πŸ˜€

Happy cooking πŸ˜‰

SCHOTEL ROTI LAPIS SAYUR

Masih edisi ngabisin roti tawar yang udah mendekati detik – detik expired :p, hari ini bikinin sarapan Ethan pake si roti lagi. Dan karena kemaren – kemaren udah edisi manis, hari ini bikin yang gurih. Cuma ga pake daging soalnya stock di kulkas mau dipake buat menu maksi maksornya *ketauan belum belanja* Tapi tetep enak kok, buktinya Ethan langsung abis 1 cup πŸ˜€ Dan lagi proteinnya juga dapet dari telor. Langsung aja ya ini resepnya *sambil ngunyah pisgor*

SCHOTEL ROTI LAPIS SAYUR

Bahan :

2 lbr roti tawar, kulitnya dibuang (ke mulut mamanya :p), sobek kecil – kecil. Sisihkan.

1 siung bawang putih, cincang halus

1 buah buncis, iris tipis

1/2 buah paprika merah, potong dadu

4 buah jamur kancing, cincang kasar

1 sdm margarine untuk menumis

air matang secukupnya

gula, garam, merica bubuk secukupnya (untuk tumisan)

100 ml susu cair

1 butir telur

garam + merica (untuk larutan susu)

keju parut untuk taburan

Cara Membuat :

1. Aduk rata susu cair, telur, garam & merica. Sisihkan.

2. Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan jamur, aduk sampai harum & layu. Masukkan paprika & buncis, aduk – aduk sebentar. Tambahkan garam, gula, dan merica. Aduk rata. Tuang air secukupnya. Biarkan sampai mendidih. Kecilkan api, biarkan air menyusut. Angkat.

3. Tata selapis sobekan – sobekan roti tawar. Beri tumisan. Beri roti tawar lagi. Ulangi sampai cup penuh. Lapisan paling atas adalah roti tawar.

4. Tuang larutan susu perlahan – lahan sampai meresap.

5. Panggang selama 15 menit. Taburi keju parut. Lalu panggang lagi sampai matang (kurang lebih 25 menit total memanggang; tergantung ovennya ya)

6. Angkat. Sajikan hangat. Sedaaaaapp.. :)))

Ini waktu proses panggang, rotinya melambung tinggi, lucu πŸ™‚

Gambar

Dan ini waktu sudah matang, rotinya mengempis lagi πŸ™‚

Gambar

Note : kalau mau dimodif bisa juga untuk 8m+, tinggal skip gulgar sama putih telur. Dan sayurannya dicincang halus sesuai kemampuan bayi. Mau diganti sayur lain boleh, ditambah daging juga semakin boleh. Susu bisa ganti ASIP atau sufor.

Happy cooking πŸ˜‰

LASAGNA ROTI KUKUS

Seperti biasa, kemarin di kantor sambil kerja sambil nyari ide menu sarapan Ethan hari ini. Lalu *tring* (bola lampu nyala) keinget saus bolognaise yang udah lama nangkring di freezer. Kira – kira udah setengah bulan lebih lah, kan bikinnya pas mau ke Surabaya *kalem* Hmmmm mau diberdayakan jadi apa yaaaa.. Pas ada roti tawar, ya udah bikin lasagna roti aja deh. Tinggal bikin saus putihnya.

Lasagna roti ini inspirasinya dari Chef Barra tapi resepnya modif saya sendiri, menggabungkan dari berbagai resep saus bolognaise & ketersediaan bahan di kulkas seperti biasa :p Resepnya bisa ditengok di Lasagna Nasi Kukus & Pizza Nasi yang saya post beberapa waktu lalu. Tinggal nasinya diganti roti tawar aja. Cepat, mudah, komplit, bergizi, dan yummy.. Tadi jadi 3 alu foil cup, diabisin Ethan berdua Papa dalam tempo sesingkat – singkatnya. Malah si Papa ujung – ujungnya request lasagna beneran hihihi..

Gambar

Note : Ga keburu moto yang udah dipotong. Piringnya udah disamber Ethan πŸ˜€

Happy cooking all πŸ™‚

Cemilan Sehat : PUDING ZEBRA KENTANG KEJU

Sejak Ethan 6 bulan & mulai mengenal MPASI, saya jadi rajin ke dapur. Padahal aseli suwer disamber duit *maunyeee..:p* seumur – umur saya itu ke dapur paling cuma buat ngerebus air (kalo dispenser lagi ngadat) or masak mie instant plus ceplok telor. Selebihnya urusan Mama, saya taunya minta dimasakin & makan πŸ˜€

Nah pas Ethan udah harus mulai makan, pertamanya juga saya nggampangin. Ada Mama ini, tenang.. *Ibu yang buruk, jangan dicontoh* eh tapppiii.. karena satu dan lain hal, Mama saya ga bisa terus – terusan tinggal sama saya. Beliau mesti bepergian sesekali. Dan lagi, hati kecil saya *ceileeee..* kepengen anak saya makan masakan saya & tumbuh besar mencintai masakan saya seperti yang saya alami. Mama saya itu kalo soal masak memasak memang tidak diragukan lagi, cuma Beliau agak lemah kalo bikin kue. Soalnya kalo kue kan ga bisa pake ilmu kira – kira, yang ada kue nya bantat dll, sedangkan Mama saya kalo masak kebanyakan asal cemplung tapi suedaaaaap. Tapi karena putri tercintanya ini *prettt* gemar banget makan cake dan kue – kue jadilah Mama saya belajar bikin kue. Walaupun bentuknya suka abstrak tapi rasanya wenaaaak dan Beliau pun puas anaknya ga perlu jajan di luar *sekaligus ngirit :p*

Belajar dari situ, saya pun akhirnya nekat turun ke dapur. Eits, bukan cuma turun loh, tapi juga masak. Lah kalo cuma singgah doank, Ethan juga bisa hihihi.. Pertama cuma kukus mengukus & masak bubur, kan umur 6 bulan makannya masih tunggal & simple. Seiring dengan makin variatifnya makanan Ethan, makin variatif pula yang saya masak. Dan akhirnya malah keterusan jadi hobby. Makanya, kalo ada para wanita yang kebetulan nyasar trus baca tulisan saya ini & berpikir engga bisa masak, dengan pasti saya berkata : semua bisa masak. Yang penting niat atau ga πŸ™‚

Eits kok jadi ngelantur sih. Makin ke bawah judul sama isi tulisan kagak nyambung hihihi.. Ngg.. Nyambung juga sih, kan berhubungan dengan dapur :p *ngeles dot com*

Jadi gini, sekarang kan Ethan udah 1,5 thn. Makannya tambah variatif, tambah sering, apalagi anaknya aktif banget. Otomatis jadi sering lapar lah dia πŸ˜€ Dalam sehari Ethan makan besar 3x plus buah plus cemilan. Ditambah yogurt dan susu juga. Nah, cemilannya ini yang selalu saya upayakan sekomplit mungkin kandungannya. Yang paling gampang ya puding. Apalagi Ethan suka banget sama puding, dimakan siang – siang seger banget. Sekali seminggu saya buatkan puding untuk Ethan. Isinya macam – macam : bisa tofu, buah, sayur, coklat, dll.Β 

Nah seminggu yang lalu pas lagi jalan – jalan ke berbagai blog, ada resep puding yang bikin saya ikut ngiler. Warnanya cantik plus teksturnya yang lembut (saya lebih suka puding yang lembut daripada yang kenyal *kaga ada yg nanya* *ya kali ada yg mau bikinin :p*). Udah gitu pake kentang, keju, susu. Sehat bukan? πŸ˜€ Langsung saya save & begitu stock puding Ethan di kulkas abis, saya bikin dweh.. Ternyata bener, rasanya lembut & enaaaaaak banget. Yuk dicoba πŸ™‚

PUDING ZEBRA KENTANG KEJU

sumber :Β http://ummufatima-mysimplykitchen.blogspot.com/2013/10/puding-zebra-kentang-keju.html?utm_source=BP_recent

Gambar

Bahan :

1 bks agar-agar plain
500 ml susu cair
100 ml air
100 gr gula pasir (bila kurang manis bisa ditambah)
30 gr keju parut
200 gr kentang kukus, kupas dan potong2
2 sdm coklat bubuk (bisa pakai pasta coklat)

Cara Membuat:

Blender kentang bersama air dan susu cair hingga lembut.

Kemudian campur dengan agar-agar bubuk, gula pasir, dan keju parut. Masak di atas api kecil sambil terus diaduk. Aduk terus supaya tidak gosong bagian bawahnya.

Masak sampai mendidih. Angkat.

Ambil 1/3 adonan puding, beri coklat bubuk atau pasta coklat. Aduk hingga coklat larut/rata. Sebaiknya menggunakan whisk. Jika kesulitan, larutkan dulu coklat bubuk dengan 1 sdm air matang, baru dituang ke adonan puding.

Tuang 2 sendok sayur adonan puding putih di satu titik, ditengah-tengah loyang bundar yang sudah dibasah sebelumnya (saya pakai loyang silikon). Lalu tuangi 1 sendok sayur adonan puding coklat di titik yang sama. Ulangi langkah ini hingga adonan puding habis.

Diamkan sampai puding mengeras atau setelah uapnya hilang/tidak panas, masukkan kulkas.

Sajikan dingin

Note :

Saking nepsongnya bikin puding ini, saya pake loyang kue yang anti lengket (karena ga punya yang silikon seperti yang direkomendasikan Ummu Fatima). Jadinya motongnya gampang, tapppiiiii.. karena loyangnya kegedean, pudingnya jadinya tipis (soalnya saya bikin 1/2 resep) hiks hiks hiks.. Jadi supaya pas difoto cakepan dikit, saya potong – potong aja semua trus taro di wadah πŸ˜€

Cake Coklat Kukus (Steamed Moist Chocolate Cake)

Engga punya oven? Males ngeluarin mixer? Stock telur menipis? Tenang, masih bisa kok bikin cake yang enak buat keluarga di rumah. Saya ini salah satu orang yang males bikin kue pake mixer, kenapa? Satu : suka bantet soalnya ngocoknya suka salah. Dua : takut berisik soalnya bikinnya subuh – subuh. Tiga (dan yang paling utama) : males aja nambahin cucian hihihi.. Trus saya juga lebih suka cake yang dikukus soalnya rasanya lebih moist gitu. Dan kalo soal telur, saya ini hampir ga pernah bikin cake yang make telurnya lebih dari 4 biji. Sayang aja kalo cakenya gagal, lagian harga telur kemarin ini sempet mahal. Jadi sayang gitu kalo sekali bikin kue pake delapan (!!) – tetep yak, Emak – emak perhitungan :p

Nah, betapa senangnya saya waktu nemu blognya Mbak Endang : http://www.justtryandtaste.com. Banyak banget resep cake yang memenuhi 3 faktor di atas. Sampe waktu pertama baca blognya, bingung mana yang mau dicoba dulu :p Bahkan sampe sekarang pun masih banyak aja resep yang nangkring di waiting list buat dicoba entah kapan. Secara Mbak Endang rajin banget posting resep, saya rajin banget nyatetin (doang) wahaha.. Jadinya yah makin lama bukannya makin berkurang tapi makin bertambah resep yang mau dicoba tapi masih males belum sempet.

Jadi ini adalah cake resep JTT yang pertama kali saya bikin. Dan langsung sakseis Sodara walaupun bentuknya masih amburadul kaya gini,

Gambar

Setelah itu saya langsung ketagihan bikin cake apalagi Ethan sukaaaaa banget sama yang namanya cake, roti, kue – kue (turunan Emaknya banget deh). Dan resep ini jadi andalan kalo lagi ga ada cemilan tapi rasa malas menyerang. Soalnya bikinnya cepet & ga pake ribet. Tapi rasanya enak banget, nyoklat, lembut, ga nyangka bikinnya cuma diaduk – aduk doang. Okeh, ini dia resepnya :

Cake Coklat Kukus (Steamed Moist Chocolate Cake)

sumber :Β http://www.justtryandtaste.com/2010/12/cake-coklat-kukus-steamed-moist.html

Gambar

kemajuan kan dibanding yg pertama? itu piring plus tudung saji biru ga sengaja loh bisa samaan gitu, padahal Β 2 kue ini bikinnya beda setengah tahun πŸ˜€

Bahan :

170 gr mentega / margarine (saya biasa pake margarine)

150 gr gula halus (saya biasa pake 100 gr aja)

200 ml susu cair

2 butir telur ayam, kocok lepas

110 gr tepung terigu protein rendah / serba guna

50 gr coklat bubuk

1/4 sdt baking soda

1 sdt baking powder (saran Mbak Endang sebaiknya pake yang double acting)

1 sdt vanila ekstrak / 1/4 sdt vanili bubuk (saya ga pake)

Cara membuat :

Siapkan loyang yang berlubang tengahnya / loyang loaf. Olesi mentega agak banyak & taburi tepung terigu hingga merata.

Dalam panci kecil, campur susu, margarine, gula, dan vanila (jika pakai). Panaskan hingga gula larut, aduk – aduk. Angkat & biarkan dingin.

Ayak bahan kering : terigu, coklat bubuk, baking soda, dan baking powder. Sisihkan.

Jika larutan susu sudah hangat, masukkan kocokan telur, aduk rata (jangan panas – panas loh, ntar telurnya mateng :p)

Masukkan larutan susu + telur ke dalam campuran terigu sedikit – sedikit sambil diaduk perlahan. Ngaduknya nyantai aja yah, ga usah kuat – kuat, yang penting tepungnya udah basah & bercampur larutan. Kalo masih ada yang menggumpal biarkan saja, cincay dikit lah ya :p Adonan akhir agak cair bentuknya.

Tuang adonan ke dalam loyang, lalu kukus selama 45 menit dalam dandang yang sudah dipanaskan sebelumnya. Jangan lupa tutup permukaan dandang dengan kain bersih supaya uap airnya tidak menetes ke kue. (Oh iya, selama ngukus jangan sekali – kali kepo ngebuka dandang ya. Cake ini pemalu soalnya, kalo diintip – intip ntar ngambek & ga oke hasilnya :p)

Setelah matang, biarkan agak mendingin sebelum dilepaskan dari cetakan.

Note :

Kalo di JTT cake ini dipakein topping lagi tapi karena satu dan lain hal (baca : males) saya ga pake, tapi tetap uenak kok. Ga percaya? Coba aja bikin, jangan lupa kirimin ke saya ya kalo udah jadi hihihi..

Banana Cake (Gluten Free)

Mikirin menu buat Ethan adalah salah satu persoalan yang hampir tiap hari mesti saya pikirkan. Terutama buat sarapan. Soalnya my little boy ini agak – agak picky kalo sarapan. Jadi emaknya mumet mikirin menu makan siang (sekaligus sore) plusss sarapan. Dan bagi saya, menu sarapan lebih ribet urusannya. Soalnya maunya yang simple, praktis, tapi komplit gizinya. Kalo biasanya sih andalan saya labu kuning. Bisa dibikin pumpkin srikaya, puding labu butter, cake labu, pumpkintaart, de el el. Tapi masa ya labu mulu? Bisa kena karotenemia hehehe.. Trus ngeliat di meja makan ada pisang sebiji, yang terlintas pertama brownies kukus pisang. Tapppiii.. kelupaan ngeluarin coklat dari kulkas, alhasil pagi tadi masih beku. Trus juga kemaren baca resep di group FB “Berbagi Resep Masakan” ada mango cake yang gluten free. Jadi pengen nih sekali – sekali bikin yang gluten free. Ya sudah, ga ada mangga, pisang pun jadi, hehehe..

Menurut saya sih rasanya kurang istimewa, kuenya agak remah dan karena dari tepung beras jadinya agak nyeret (kebiasaan makan kue dari terigu sih). Tapi Ethan doyan (itu yang paling penting :)), mungkin karena samar – samar ada aroma pisangnya. Mungkin next kalo bikin lagi, pisangnya saya tambahin biar lebih moist. Okeh, berikut resepnya ya,

BANANA CAKEΒ 

resep asli Mango Cake by Mama Azka (FB Group : Berbagi Resep Masakan)

Gambar

Β 

Β 

Gambar

Β 

Bahan :

150 gr pisang, lumatkan (resep asli : puree mangga)

200 gr tepung beras

125 gr gula pasir (saya pake gula halus, adanya itu soalnya hihihi..)

2 butir telur

100 ml minyak sayur

1/4 sdt Baking Powder

1/2 sdt garam

1/4 sdt vanila susu (saya skip)

Cara membuat :

Kocok telur, gula, vanila, dan garam hingga putih kental.

Masukkan tepung beras yang sudah dicampur dengan baking powder. Aduk rata.

Tambahkan pisang lumat, aduk rata.

Masukkan minyak sayur, aduk hingga tercampur rata (saya pake teknik aduk balik).

Tuang dalam loyang yang sudah dioles margarin & dialasi kertas roti.

Panggang hingga matang.Β 

Note :

Karena di resep tidak ada keterangan panggangnya berapa menit, saya kira – kira aja. Eh pas udah 25 menit diintip, pinggirnya udah kecokelatan tapi untung belum gosong. Mungkin 20 menit udah cukup tapi tergantung ovennya juga.

Hasil fotonya rada gelap gara – gara pas moto lampu dapur udah dimatiin hihihi..

Happy cooking Moms πŸ™‚

Β 

Β 

Steamed Cheddar Cheese Cake for Our Wedding Anniversary :)

Setelah ngantuk yang amat sangat melanda sejak hari Minggu, akhirnya hari ini saya mulai bisa kembali ke alam sadar dengan baik. Kemarin – kemarin mau ngapa – ngapain engga konsen, yang dibayangin cuma tidur, tidur, dan tidur (kebo!)Β 

Harap maklum, 2 hari di Surabaya menghadiri pemakaman Emak saya, acaranya padaaaaaat sekali. Sampai Surabaya Jumat pagi, ke hotel hanya untuk mandi, langsung ke rumah duka. Siangnya balik bentar ke hotel (sempet mampir juga ke pasar atom buat nyari kupang, tapi apa daya engga dapet hiks hiks T________T) buat mandi (lagi) trus balik lagi ke rumah duka. Pulang – pulang udah jam setengah 12 malam.

Trus Sabtu pagi – pagi jam 6 udah harus sampe ke rumah duka untuk berangkat ke kuburan. Selesai pemakaman dll trus ke hotel udah jam 4 sore. Mandi, makan, berangkat deh ke bandara buat balik ke Jakarta. Sebenarnya kalo pesawatnya engga delay, nyampe Jakarta mungkin pas tengah malam. Tapi karena delay sekitar 1,5 jam, akhirnya baru nyampe rumah jam 2 dini hari!

Jadi ya campuran antara badan pegel – pegel sama ngantuk tak tertahan deh rasanya.

Okeh segitu aja intronya. Jadi ini sebenernya mau mosting cake yang saya buat pas wedding anniversary kami tgl 09 Oktober kemarin. Cuma karena ada berita duka pas tgl itu, maka baru sekarang saya posting. Better late than never lah ya hehehe..

Jadi jauh – jauh hari sebelumnya saya nyari – nyari resep cake yang enak, belum pernah saya bikin, tapi teteeep.. simple hehehe.. Akhirnya pas buka – buka blognya Mbak Ayudiah, ada satu cake yang looks so yummy n simple seperti idaman saya., plus belum pernah bikin sebelumnya : cake keju kukus. Selama ini kebanyakan saya bikin cake coklat, jarang yang keju. Bukannya apa – apa. Rata – rata resep cake keju itu pake cream cheese. Kalo saya udah mahir n pasti sakseiss sih ga apa – apa. Lah kalo gatot? cream cheese kan lumayan mihil hihihi.. (emak – emak perhitungan) Β Dan ternyata rasanya memang se yummy fotonya. Ini dia resepnya,

Steamed Cheddar Cheese Cake

source :Β http://www.momylicious.com/2012/10/steamed-cheddar-cheese-cake_21.html

GambarGambar

Bahan :Β 

100 gr keju cheddar parut

50 gr margarine / butter (saya pake margarine)

250 ml susu cair

100 gr tepung terigu

50 gr tepung maizena

1/2 sdt vanila (saya skip)

3 kuning telur

3 putih telur

120 gr gula

butter cream untuk olesan (saya pake selai stroberi)

keju parut untuk taburan

Cara Membuat :

Campurkan keju parut, margarine, dan susu cair. Kemudian masak di atas api sedang hingga keju hancur.

Angkat, dinginkan. Setelah dingin, masukkan 3 kuning telur, aduk rata. Masukkan tepung terigu, maizena, dan vanila bubuk. Aduk rata.

Kocok putih telur, tambahkan gula sedikit – sedikit, kocok lagi hingga soft peak. Campurkan ke dalam adonan keju, aduk balik hingga rata.

Masukkan ke dalam loyang, kukus dengan api sedang selama 40 menit.

Keluarkan dari loyang, dinginkan.

Note :

Teksturnya lembut banget, enak deh pokoknya. Walaupun bentuknya kaya kue bantet seperti yang Mbak Ayudiah bilang di blognya. Tapi rasanya yummmyyyyyy banget. Puji Tuhan suami & Ethan suka banget. Jadi sekalipun bikinnya subuh – subuh dengan perasaan kacau, tapi terbayar sudah semuanya πŸ™‚

“Happy anniversary for us. May Jesus always refresh our love till death do us part, amen..”

Β 

An anniversary is a time to celebrate the joys of today, the memories of yesterday, and the hopes of tomorrow.

– S.J. Perelman